Jangan Tertipu! Ciri-Ciri Kabel iPhone Original yang Perlu Anda Pahami

Apakah Anda sering kali bingung atau bahkan khawatir ketika membeli kabel charger untuk iPhone Anda? Pemilik produk iPhone tentu saja ingin memastikan bahwa mereka menggunakan kabel asli untuk menghindari risiko kerusakan pada perangkat. Mengenali ciri-ciri kabel iPhone original merupakan langkah krusial untuk memastikan keaslian aksesoris tersebut. Dalam panduan ini, kita akan membahas tentang ciri-ciri yang membedakan kabel iPhone asli dari produk palsu.

Kualitas Material

Kabel charger iPhone original memiliki desain yang sangat terperinci dan menggunakan bahan berkualitas tinggi. Ketika Anda memegang kabel charger original, Anda akan merasakan kepadatan dan kekokohan materialnya. Bahan kabel iPhone original memiliki tekstur yang tidak licin dan lentur saat ditekuk.

Sinkronisasi dengan PC/Mac/Laptop

Saat menghubungkan iPhone dengan PC/Mac/Laptop menggunakan kabel charger original, sinkronisasi akan berjalan lancar dan tidak terputus di tengah-tengah transfer data. Dan juga tidak akan muncul notifikasi “Accessory may not be supported” yang sering muncul pada produk kabel iPhone palsu.

Label dan Nomor Seri

Kabel charger iPhone asli akan memiliki sertifikasi resmi dan label keamanan pada kemasan. Kabel charger KW mungkin tidak memiliki sertifikasi atau label yang jelas. Kabel Lightning ke USB Apple berlabel “Designed by Apple in California”, “Assembled in China,” “Assembled in Vietnam”, atau “Indústria Brasileira” pada kabel sekitar 7 inci dari konektor USB. Anda juga dapat melihat nomor seri 12 digit berwarna samar yang berbeda-beda pada setiap kabel.

Segel Green Peel

Apple memiliki 2 jenis standar produksi aksesori: standar produksi yang dilakukan langsung oleh perusahaan, dan standar di mana mereka memverifikasi aksesori pihak ketiga. Dengan begitu, aksesori resmi yang memiliki standar tersebut sudah pasti memiliki Segel Green Peel berwarna hijau pada dus kemasan kabel. Segel Green Peel yaitu sebuah “lidah” plastik atau bagian tambahan untuk menarik plastik tersebut agar lebih mudah dibuka. Lidah ini menggunakan tanda panah dengan detail warna hijau. Selain itu, maksud dari Green Peel ini sebagai tanda bahwa produk ini belum dibuka atau masih resmi tersegel dari Apple. 

Bedakan Ujung Kabel

Cara membedakan produk charger iPhone yang palsu dan KW berikutnya adalah dari ujung kabelnya. Untuk yang satu ini memang krusial banget bahkan iPhone sendiri telah merilis panduan untuk mengenali ciri khas dari ujung kabel mereka.

Ujung konektor USB

  • Interlock

Interlock di pembungkus USB kabel original berbentuk trapezoid dan berjarak sama dari pinggiran. Sedangkan kabel palsu memiliki sudut siku dan berjarak tidak konsisten.

Interlock USB Kabel Original
Interlock USB Kabel Palsu
  • Permukaan USB

Permukaan USB kabel original halus, konsisten dan permukaan pembungkus USB rata. Sedangkan kabel palsu memiliki permukaan yang kasar dan permukaan pembungkus USB terdapat tahanan atau lekukan.

Permukaan USB Kabel Original
Permukaan USB Kabel Palsu
  • Permukaan Insulator

Permukaan insulator koneksi USB kabel original seragam dan rata, sedangkan kabel palsu memiliki lekukan.

Insulator Kabel Original
Insulator Kabel Palsu
  • Lembar Kontak USB

Lembar kontak USB kabel original berwarna emas, sedangkan kabel palsu berwarna perak.

Lembar Kontak Kabel Original
Lembar Kontak Kabel Palsu

Ujung Konektor Lightning

  • Boot Kabel

Ketebalan ujung kabel (material plastik putih atau disebut boot) yang asli pasti terasa konsisten, dengan ukuran 7,7 mm x 12 mm, berbeda dengan ujung kabel palsu yang tidak konsisten dan ketebalannya tak merata.

Boot Kabel iPhone Original
Boot Kabel iPhone Palsu
  • Sisipan Faceplate

Sisipan faceplate pada kabel original memiliki warna metalik/abu-abu sedangkan pada kabel palsu memiliki sisipan faceplate hitam atau putih.

Sisipan Faceplate Kabel Original
Sisipan Faceplate Kabel Palsu
  • Menempel pada Magnet

Ujung kabel iPhone Lightning original memiliki ciri menempel pada magnet saat didekatkan, seperti yang terdapat pada kabel iPhone Doel Aksesoris.

One comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pilih voucher